Menit Penting untuk Satu Semester Kedepan

Posted on 11 Agustus 2009

2


Sebenarnya, judul diatas akan lebih dramatis jika ditulis dalam bahasa Inggris: Precious Minutes for Next Whole Term. Hehehee. Namun berhubung saya ingin menulis dalam bahasa Indonesia, jadi judul tersebut tidak saya ganti. Saya merasa aneh jika judulnya dalam bahasa Inggris sedangkan isi tulisannya Indonesia. Rasanya seperti setengah-setengah.

Saya ingin menceritakan kejadian kurang menyenangkan yang menimpa saya, kejadian ini menyangkut kuliah saya yang baru akan memasuki semster tiga.  Sebelum memasuki semester baru, saya dan teman-teman diwajibkan mengatur dan mengisi jadwal secara online di sebuah website bernama SIAK NG (dibaca siak en ji) , kalau tidak salah, singkatan dari Sistem Informasi Akademik New Generation. Biasanya, untuk mata kuliah wajib dibuka 3-4 kelas, sedangkan untuk mata kuliah pilihan paling banyak dibuka dua kelas dengan waktu yang dijadwalkan berbeda-beda. Diperlukan niat yang kuat dan koneksi internet yang dapat diandalkan untuk mendapatkan mata kuliah yang diinginkan. Niat untuk menyusun jadwal terlebih dahulu agar tidak ada yang bentrok dan niat untuk memantau komputer menunggu detik-detik dimulainya registrasi online. Jika jadwal sudah diatur namun terlambat beberapa detik untuk melakukan registrasi online, jangan harap bisa mendapat kelas yang diinginkan.

Pada semester sebelumnya, registrasi online dibuka tengah malam, tepat saat pergantian hari. Namun untuk semester ini, entah karena alasan apa, secara mendadak, registrasi online ditetapkan pada pukul 11 pagi. Saya menduga mungkin banyak mahasiswa yang sulit mengakses internet saat tengah malam, sehingga jika registrasi dilakukan tengah malam, beberapa pihak merasa dirugikan. Pergantian waktu dari tengah malam menjadi siang bolong cukup membuat saya khawatir. Semakin banyak orang yang bisa mengakses internet, semakin banyak saingan saya untuk mendapatkan kelas-kelas yang saya inginkan. Menurut saya, tengah malam sudah sangat pas untuk berburu jadwal kuliah. Terdengar sangat egois ya?

Pagi ini, saya bersiap sekitar 2 jam sebelumnya sebelum registrasi online dibuka. Sejak pagi, twitter dan facebook teman kuliah saya tidak jauh-jauh mebicarakan mengenai registrasi online hari ini, momen penting yang menentukan satu semester kedepan.  Seperti ini kira-kira status mereka:

Gila gue makan soto ga ada rasanya mikirin siak ng

Dag Dig Dug nungguin jam sebelasss shit

Ya Allah internet gue jangan error dong pas mau ngisi siak huhu.amin

Menjelang pukul 11 saya pun sudah sangat siap dengan siak ng. Namun 2 menit menjelang pukul 11, halaman website tersebut malah eror. Ternyata beberapa teman saya juga mengalami hal yang sama. Saya panik, berharap bisa mengakses siak ng dengan cepat. Namun, pukul 11.13 barulah saya bisa menbuka halaman tersebut. Setelah mengisi sambil berharap mendapatkan kelas, saya pun menyimpan jadwal saya. Ternyata halaman kembali eror. Saya kesal sekali harus mengulangi hal yang sama. Setelah menyimpan jadwal untuk kedua kalinya, saya melihat ringkasan jadwal saya, ternyata ada 3 kelas yang inginkan ternyata sudah penuh. Dua kelas berhasil saya selamatkan dengan mengganti jadwal. Namun satu kelas lagi tidak terselamatkan.  Kekesalan betambah saat mata kuliah pilihan ternyata belum bisa dipilih, tidak tahu apa sebabnya, beberapa teman saya menduga bahwa mas-mas siak ng sedang istirahat makan siang, jadi menunda untuk mem-publish mata kuliah pilihan. silly!

Hari ini untuk pertama kalinya saya merasakan bagaimana tidak enaknya jika tidak mendapat kelas yang diinginkan. Untuk menghibur diri, saya kembali melihat status teman-teman kuliah di twitter dan facebook *heheee* :

menyerah dengan siak ng

sick of siak anj*ng

ooohh, mouse gue dah mau jebol! klik SIAK terus, laptop gue dah mulai panas seiring panasnya kepala gue

Sebenarnya saya ingin melampirkan pembicaraan saya dan teman-teman di saat chatting seusai mengisi siak ng, namun karena terlalu banyak kata-kata kasar yang kami gunakan, yang sangat jauh dari kata-kata yang saya pakai selama menulis blog ini, jadi saya mengurungkan niat saya tersebut 😉

Ditandai: , , ,
Posted in: Uncategorized